Wednesday, April 02, 2014

Puisi Mahasiswa

Padahal Aku Adalah Mahasiswa

Seharian aku bisa online
chating di Face Book 
atau menonton Youtube,
tapi baca buku
sepuluh menit saja aku tak mampu
padahal aku adalah mahasiswa. 

Berjam-jam duduk di kafe
ditemani secangkir kopi dan sebungkus rokok
oh itu hobiku,
duduk melingkar di forum diskusi sambil memegang buku
sorry ya, aku tak suka !
padahal aku seorang mahasiswa

Di mana perpustakaan? 
di mana toko buku?
jangan tanya itu, aku tak tahu,
aku lebih hafal toko baju dan toko sepatu 
meski aku seorang mahasiswa

tuh lihat kamar kost-ku,
banyak sepatu baru,
silahkan buka lemariku
penuh dengan koleksi baju,
buku..di mana kau buku?! 

Siapa intelektual kesohor di kotaku,
mana kutahu..!
nama rektor di kampus
dekan fakultas
bahkan dosen di kelas, 
aduh, aku tak pernah mengingatnya !
padahal aku adalah mahasiswanya

tugas makalah, tinggal copas dari Google
hadapi ujian, tinggal siapkan contekan
praktis, khan?!
...
Hai diriku,
jika kau lebih suka buang-buang waktu tanpa baca buku
lebih sering ngerumpi daripada ngaji
masih suka copas dan nyontek
masih hobi maksiat dan males solat,
jangan harap cahaya ilmu 
'kan terangi jalan hidupmu

Tunis al Khadra, 01 April 2014

No comments:

Post a Comment